Jumat, 11 November 2016

5 Menu Diet Sehat Yang Wajib Anda Terapkan

Menu diet sehat – Makanan yang kita makan ketika dalam masa diet harus di perhitungkan dengan baik dan tepat. Hal tersebut berpengaruh besar terhadap keberhasilan proses mengurangi berat badan. Kadar gizi yang di butuhkan tubuh setiap harinya harus seimbang bagi kalangan yang ingin memiliki tubuh ideal. Namun tidak hanya untuk kalangan diet, menu makanan yang seimbang juga baik bagi kesehatan kita. Dalam kehidupan sehari hari tubuh kita memerlukan asupan dari berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin, mineral, protein, lemak dan air. Semua itu bertujuan untuk menunjang kinerja tubuh serta bermanfaat untuk melangsingkan badan. Di bawah ini anda bisa menyimak beragam menu yang baik untuk program menjalankan diet.

meu diet sehat dan cepat melangsingkan badan

Menu Diet Sehat Menurunkan Berat Badan


Inilah aneka menu untuk diet yang bisa membuat berat badan menjadi ideal dengan kandungan gizi yang seimbang serta sehat dan alami, antara lain :

1. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan salah satu sumber energy yang di butuhkan oleh tubuh, selain itu otak juga dapat bekerja maksimal jika asupan karbohidrat terpenuhi. Namun bagi anda yang sedang diet sebaiknya mengkonsumsi karbohidrat yang baik, contohnya seperti makanan yang berasal dari sayuran, buah, susu, biji bijian, kacang kacangan. untuk jenis karbohidrat lainnya yang harus anda di batasi waktu mengkonsumsi yaitu nasi putih, gula, serta camilan dan minuman bersoda.

2. Protein
Protein juga memiliki peran penting di dalam tubuh dan salah satu sumber energy yang di butuhkan tubuh. Tubuh membutuhkan asupan protein yang cukup untuk melangsungkan pertumbuhan, menjaga kesehatan serta sangat baik untuk menurunkan berat badan. Protein yang bisa anda manfaatkan untuk diet yaitu telur, daging tanpa lemak, ukan, kacang kacangan, dll.

3. Lemak
Lemak juga mempunyai peran tersendiri dalam membuat tubuh menjadi langsing. Namun tidak semua lemak bisa anda konsumsi, jenis lemak yang bisa anda konsumsi yaitu lemak baik. Nah untuk lemak baik sangat bermanfaat untuk menguruskan badan dengan cepat. lemak tersebut berasal dari ikan, daging tanpa lemak, minyak zaitun, dll. Untuk makanan yang mengandung lemak seperti pizza burger, sosis serta makanan cepat saji sebaiknya anda hindari karena dapat menyebabkan kegagalan pada program diet yang anda jalankan.

4. Vitamin dan mineral
Organ di dalam tibuh memiliki fungsi masing masing dan vitamin serta mineral dapat membantu organ tubuh menjalankan fungsinya dengan baik. Vitamin serta mineral yang di butuhkan tubuh seperti kalsium, kalium, zinc, zat besi, selenium, vitamin A, B, C, D, E, K.

5. Air
Air juga bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi pada tubuh, sekitar dari setengan komposisi yang ada di tubuh semuanya terdiri dari air. Air tidak juga harus did apatkan dari air mineral namun sumber makanan juga menghasilkan air, seperti sayuran dan buah. Air juga baik untuk diet, karena bisa membuat perut terasa kenyang dan tidak mudah lapar.

Dari semua kandungan yang ada diatas bisa anda dapatkan dari menu diet sehat. Makanan yang harus ada dalam diet harus anda perhatikan nilai gizinya serta ukur kebutuhan kalori yang anda butuhkan.untuk orang dewasa rata rata membutuhkan 2000 kalori untuk setiap harinya. Untuk mengetahui jumlah kalori yang anda butuhkan, anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi. Karena setiap orang memiliki kalori yang berbeda dan di lihat dari usia, kondisi tubuh, metabolisme, jenis kelamin dan hormon.

Menu makan ketika diet yang di ukur berdasarkan kalori sangatlah baik, karena hal tersebut dapat menguruskan serta menjaga berat berat badan dengan cepat. kalori memiliki peran untuk selalu membuat tubuh berenergi, namun jika mengkonsumsi kalori terlalu berlebihan dapat membuat lemak menumpuk di dalam tubuh.

Inilah menu diet yang baik dan sehat dengan mengkonsumsi 2000 kalori yang bisa anda lakukan ketika sarapan, makan siang dan malam. Walaupun berikut ini menu untuk diet namun masih sehat untuk tubuh serta anda masih bisa merasakan variasi makanan yang nikmat. Ketika sarapan pagi anda bisa mengkonsumsi sereal dengan porsi semangkuk dan taburi kismis serta susu bebas lemak. Anda juga bisa memakan pisang dengan ukuran kecil serta roti satu lembar dari biji bijian lalu olesi dengan margarine. Lalu untuk minumnya, buatlah jus jeruk dan susu tanpa lemak, jangan beri gula.

Menu makan siang ketika diet dengan membuat sandwich, terdiri dari roti dari biji bijian, selada, tumis jamur tanpa minyak, ayam tanpa lemak, serta anda bisa mengkonsumsi kentang rebus sebanyak 200 gram.

Untuk makan malam, anda bisa membuat capcay tahu yang di campur dengan sayuran segar dan paprika lalu semangkuk nasi merah. Untuk minumnya anda bisa membuat satu cangkir teh lemon. Selain itu ada variasi makanan untuk malam malam lainnya yang bisa anda coba yaitu 140 gram ikan salmon panggang lalu taburi bawang, seledri dan remah remah roti. Hidangkan dengan nasi porsi kecil, 125 gram brokoli kukus serta beri kacang almond. Untuk minumannya anda bisa membuat susu tanpa lemak dengan takaran 250 Ml.

Baca juga : Tips diet cepat langsing

Nah itu saja yang bisa saya sampaikan dari 5 menu diet sehat yang wajib anda terapkan. Semoga membantu anda dalam proses diet yang anda jalankan. Sekian dari artikel ini dan terimakasih sudah membaca ulasan di atas.