Rabu, 23 November 2016

6 Menu Diet Ibu Menyusui Setelah Melahirkan

Menu diet ibu menyusui – Banyak sekali dari ibu ibu yang usai melahirkan mempertanyakan tentang pola makan sehat ketika menyusui agar tetap langsing ideal. Namun dalam menerapkan pola makan sebaiknya anda tidak perlu melakukan banyak perubahan karena jika anda melakukan perubahan besar bisa mengakibatkan hal buruk pada kesehatan. Ketika anda menjalankan diet namun anda harus memberi asupan ASI pada si bayi, anda juga harus mempertimbangkan gizi yang seimbang agar kualitas ASI anda terjaga sehingga bayi anda juga ikut sehat. Oleh sebab itu menu diet sangat penting bagi anda seorang ibu yang sedang menyusui dan harus di perhatikan dengan jeli. Hal tersebut agar kondisi anda tetap sehat dan berat badan ideal serta bayi anda juga tumbuh dengan baik. Jika anda bingung tentang menu diet yang baik dan sehat, di bawah ini anda bisa melihat ulasan tentang makanan yang bisa anda konsumsi.

Menu Diet Ibu Menyusui Setelah Melahirkan

Menu Diet Ibu Menyusui Usai Melahirkan


Inilah beberapa menu diet ibu menyusui yang di anjurkan agar tetap sehat dan produksi ASI lancar serta tubuh menjadi langsing alami, diantaranya :

1. Penuhi nutrisi tubuh anda
Menyusui membutuhkan asupan nutrisi lebih di banding dengan orang biasa, hal itu di karenakan agar produksi ASI tetap lancar serta bayi juga terpenuhi kebutuhannya. Dengan memenuhi asupan nutrisi kesehatan anda juga akan terjaga serta kekuatan dan setamina anda juga akan baik baik saja. Jadi utamakan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi supaya kulaitas ASI tetap sehat.

2. Penuhi kebutuhan kalori anda
Menu makan untuk ibu menyusui membutuhkan kalori lebih dari pada orang biasa, namun anda tidak perlu khawatir soal itu. Salah satu cara yang bisa anda lakukan agar ASI terjaga dengan baik dan berat badan anda turun maka hindari makanan ringan seperti camilan yang tidak sehat. Anda bisa mengkonsumsi buah buahan atau camilan yang sehat saja.

3. Konsumsi makanan yang beragam
Diet untuk ibu menyusui sangat berbeda dengan cara menurunkan berat badan seperti biasanya. Hal yang perlu di perhatikan dalam melangsingkan badan bagi ibu menyusui yaitu konsumsi makanan yang beraneka ragam. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Hal tersebut sangat baik untuk memasok kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. namun perhatikan jenis protein, lemak dan karboohidrat yang anda konsumsi, karena setiap makanan mengandung tiga hal tersebut jadi pililah kandungan karbohidrat komplek, lemak tak jenuh dan protein yang menyehatkan.

4. Konsumsi sayuran dengan di rebus
Banyak sekali jenis sayuran hijau yang sangat baik untuk di jadikan menu diet untuk ibu menyusui. Namun pilihlah sayuran yang tidak mengandung bahan kimia, karena banyak sekali sayuran yang banyak kandungan pestisidanya. Namun dalam memasakan sayuran sebaiknya anda rebus atau di kukus agar lebih menyehatkan di banding dengan di doreng dengan minyak. Apabila di masak secara di goreng dapat menyebabkan lemak mengumpul pada tubuh.

5. Konsumsi daging tanpa lemak
Makanan yang bisa anda konsumsi sebagai menu diet sehat ibu menyusui yaitu daging tanpa lemak. Jika anda suka dengan ayam sebaiknya memisahkan kulit dan dagingnya, kulit tersebut banyak mengandung lemak sehingga jangan di masak juga. Kandungan protein pada daging sangat baik terhadap produksi ASI dan baik juga untuk kesehatan jantung.

6. Konsumsi ikan
Ada banyak sekali jenis ikan yang bisa anda konsumsi untuk melancarkan diet sehat yang anda terapkan. Sebagi menu diet ibu menyusui pilihlah ikan yang mengandung EPA dan DHA serta omega 3 yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan tubuh anda serta perkembangan bayi anda. Kandungan tersebut yang terdapat pada ikan juga baik untuk produksi ASI. Jenis ikan yang bisa anda konsumsi meliputi ikan tuna, salmon, udang lele, kepiting dan nila.

Baca juga : Cara langsing alami usai melahirkan

Itulah 6 menu diet ibu menyusui setelah melahirkan yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari hari agar tubuh anda sehat serta memperlancar produksi ASI dan juga ik untuk bayi anda. Terapkan dengan baik sesuai anjuran yang di berikan maka tubuh anda akan langsing secara alami dan tampil lebih ramping dan cantik. Sekian dari artikel ini dan semoga bermanfaat untuk anda semua, selamat mencoba.

This Is The Newest Post