Monday, November 21, 2016

9 Cara Menurunkan Berat Badan Ibu Menyusui

Diet ibu menyusui – Penting sekali mengetahui metode serta tahapan yang benar dalam menjalankan diet untuk menurunkan berat badan bagi ibu menyusui yang aman dan sehat. Sebagaian besar ibu muda yang baru melahirkan, mereka pastinya ingin tubuhnya kembali seperti semula sebelum mempunyai bayi. Untuk memiliki berat badan ideal, tubuh langsing, paha kecil, perut rata serta tubuh bebas lemak tanpa efek samping secara alami pastinya membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi cara diet untuk ibu menyusui, harus lebih sabar serta teratur dalam menjalankannya. Pada dasarnya wanita yang mengandung akan mengalami perubahan pada tubuhnya dengan meningkatnya bobot berat badan serta menyebabkan kegemukan setelah melahirkan. Namun hal itu bisa di atasi dengan mudah dan cepat tanpa harus diet ketat. Di bawah ini anda bisa melihat ulasan tentang tata cara diet yang tepat untuk ibu menyusui.

Cara Menurunkan Berat Badan Ibu Menyusui

Tips Menurunkan Berat Badan Ibu Menyusui


Inilah beberapa metode diet ibu menyusui yang bisa anda terapkan yang aman untuk kesehatan, diantaranya :

1. Perhatikan sarapan pagi
Sebelum anda beraktifitas di pagi hari pukul 07.00 sebaiknya awali dengan sarapan dengan teratur dan menu yang tepat. Anda bisa mengkonsumsi selai kacang yang di padukan dengan gandum sebanyak setengah sendokmakan, keju rendah lemak dengan selai buah, jus jeruk yang segar.

2. Konsumsi snack menjelang siang
Ketika siang hari pukul 10.00 anda bisa mengkonsumsi makanan yang memenuhi kandungan energy, seperti yogurt rendah lemak, wortel. Kedua makanan tersebut sangat baik untuk kesehatan anda.

3. Makan siang pukul 13.00
Ketika sudah siang hari anda bisa mengkonsumsi makanan dengan jenis sayuran hijau, 1 buah apel ukuran besar, dengan makanan tersebutdapat membuat perut anda kenyang serta menyehatkan.

4. Jadwal ngemil sore hari pukul 16.00
Pada waktu sore hari anda bisa mengkonsumsi cemilan ringan, seperti kacang almond 22 biji, kismis dengan ukuran 40 gam. Konsumsi kedua makanan tersebut agar kebutuhan gizi dalam tubuh terpenuhi.

5. Makan malam pukul 19.00
Ketika malam sudah datang anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung daging rendah lemak seperti ayam bakar 200 gram pilih dadanya, sayuran bayam kentang yang di rebus, dari jenis sayuran tersebut juga baik untuk produk ASI.

6. Snack malam hari pukul 21.00
Apabila anda selesai makan malam, ketika sudah dapat 2 jam anda bisa mengkonsumsi dessert karena mengandung kalori yang bagus. Anda juga bisa mengkonsumsi wortel, buah apel, pisang, jeruk, pear. Makanan tersebut baik untuk tubuh dan banyak mengandung manfaat.

7. Hindari makanan cepat saji
Anda bisa menghidari makanan yang banyak mengandung lemak seperti makanan cepat saji. Hal tersebut tidak baik untuk tubuh karena bisa membuat lemak menumpuk di perut dan menyebabkan kegemukan.

8. Mengatur pola makan
Dari jenis makanan di atas anda bisa mengkonsumsi secara rutin dan jangan sampai terlewatkan. Anda bisa makan tepat pada waktunya karena juga baik untuk menjaga kesehatan tubuh. jika anda ingin langsing maka teratur dan disiplin dalam mengatur pola makan diet.

9. Olahraga secara rutin
Dengan berolahraga setiap hari dengan rutin maka berat badan anda akan cepat turun dengan baik dan tidak menimbulkan efek samping, namun pilihlah olahraga yang riangan saja karena anda masih tahap ibu menyusui agar kondisi tubuh anda terjaga.

Baca juga :

Itulah 9 cara menurunkan berat badan ibu menyusui yang bisa anda terapkan dalam kehidupan sehari hari. Agar mendapatkan hasil yang maksimal maka teraturlah dalam menjalankan metode yang sudah disarankan. Sekian dari artikel diet sehat dan semoga selalu memberi anda manfaat serta solusi untuk anda semua.