Monday, November 21, 2016

8 Cara Diet Ibu Menyusui Yang Sehat dan Aman

Diet ibu menyusui – Tidak sedikit para wanita yang ingin menurunkan berat badan mereka setelah proses persalinan. Hal tersebut sebenarnya mereka membutuhkan banyak energy untuk memberi ASI pada bayinya. Namun pada masa memberi ASI sangat di perlukan asupan serta pola makan seimbang. Menu makanan yang di butuhkan wanita menyusui harus kaya akan gizi dan karbohidrat serta makanan yang kaya akan kandungan protein. Tetapi dalam menjalankan diet sehat alami bagi ibu usai melahirkan ada menu dan takarannya sendiri sehingga ibu menyusi tersebut tetap mendapat asupan gizi seimbang dan kesehatannya juga tetap terjaga.

Cara Diet Ibu Menyusui Yang Sehat dan Aman

Tips Diet Ibu Menyusui Yang Aman


Inilah beberapa jenis makanan yang bisa di konsumsi saat diet oleh ibu menyusui yang sehat dalm tetap dalam takaran gizi seimbang, diantaranya :

1. Buah buahan
Dalam menu makanan diet ibu menyusui wajib terdapat buah buahan untuk di konsumsi. Buah tersebut bisa di konsumsi secara langsung atau di jus dua kali dalam sehari. Buah sangat banyak mengandung vitamin dan mineral serta dapat memasok energy kedalam tubuh.

2. Kacang dan biji bijian
Anda bisa mengkonsumsi kacang atau biji bijian sebagai sumber protein nabati. Kacang merah menjadi pilihan menu diet yang sehat karena juga mengandung zat besi.

3. Beras merah
Kandungan kalori yang terdapat pada beras merah dapat mendukung produksi ASI yang berkualitas dan baik untuk diet ibu menyusui.

4. Susu rendah lemak
Susu banyak mengandung protei, kalsium, vitamin yang baik untuk pertumbuhan bayi. Usahkan untuk mengkonsumsi susu sebanyak 600 cc setiap harinya agar kebutuhan kalsium tercukupi untuk anda dan bayi anda.

5. Daging tanpa lemak
Kandungan zat besi dan perotein serta vitamin pada daging tanpa lemak dapat memenuhi energy ibu menyusui agar tetap sehat.

6. Ikan salmon dan telur
Manfaat ikan salmon yaitu dapat memenuhi kebutuhan energy ibu serta pertumbuhan system saraf bayi juga lancar. Untuk telur kaya akan protein yang sangat di butuhkan ibu menyusui, telur bisa anda rebus dan jangan di goreng.

7. Roti gandum
Raoti yang terbuat dari gandum atau biji bijian sangat baik untuk kesehatan bayi serta ibu menyusui. Kandungan pada roti tersebut kaya akan serat dan zat besi.

8. Sayuran hijau
Kandungan yang terdapat pada sayuran hijau kaya akan antioksidan serta kalori yang snagat baik untuk kesehatan jantung, serta di butuhkan oleh ibu menyusi.


Tips Aman Diet Ibu Menyusui

Secara umum kebutuhan kalori pada ibu menyususi sangat banyak dari pada ibu yang tidak menyusui. Namun setiap orang membutuhkan asupan kalori yang berbeda beda berdasarkan berat badan, metabolisme tubuh, intensitas olahraga, frekuensi bayi menyusui. Seberapa banyak asupan kalori yang di butuhkan ibu tersebut juga bisa dilihat dari rasa lapar yang di rasakannya. Selain itu kebutuhan cairan pada ibu menyusi juga harus di jaga dengan mengkonsumsi air mineral yang lebih. Bagi anda yang suka kopi atau teh bisa meminum namun jangan berlebihan, batasi secukupnya saja.

Dalam proses menurunkan berat badan untuk ibu menyusui mempunyai takaran yang aman terhadap ASI. Dalam waktu satu minggu penurunan berat badan yang aman yaitu 0,5 Kg dan jangan lebih dari itu karena tidak baik untuk kesehatan. kombinasi makanan yang anda konsumsi juga harus di perhatikan, harus memenuhi standar yang di berlakukan. Anda bisa melakukan diet sehat setelah melahirkan dengan rentan waktu 2 bulan usai melahirkan. Waktu tersebut sangat aman bagi kesehatan anda serta kesehatan bayi. Lakukan cara menurunkan berat badan dengan teratur dan memenuhi metode yang di anjurkan serta jangan diet terlalu berat.

Baca juga : Cara menjaga berat badan ideal

Itulah 8 cara diet ibu menyusui yang sehat dan aman untuk di terapkan dalam kehidupan sehari hari. Pastikan untuk mentaati aturan yang sudah di anjurkan oleh pakar kesehatan, tujuannya agar tidak terjadi hal buruk yang tidak di inginkan. Sekian dari artikel ini dan semoga bermanfaat untuk anda semua.